Kamis, 12 Maret 2009

Blogger Bisa Menjadi Sahabat Karib



Menurut Kamu, siapa yang bisa menjadi sahabat bumi? Apakah itu seseorang yang merawat lingkungan dengan menanam banyak pohon? Apakah itu seseorang yang membersihkan bumi dari pencemaran lingkungan? Ya, mereka bisa disebut sahabat bumi. Tapi tahukah Kamu bahwa jika Kamu seorang blogger, Kamu juga bisa menjadi sahabat bumi?

Saya jadi ingat sekitar 1 tahun yang lalu ketika sedang gencar-gencarnya kampanye Global Warming di Indonesia dan juga di dunia. Banyak yang mengatakan bahwa salah satu penyebab terjadinya global warming adalah banyaknya masyarakat yang tidak lagi menjadi sahabat bumi. Maka dimulailah kampanye dengan membuat poster, flyer, iklan-iklan serta cara dan media lainnya yang digunakan untuk mengajak masyarakat untuk menghemat energi dan “Go Green”.

Tapi tahukah Kamu bahwa pada saat itu juga, banyak dari blogger Indonesia sedang menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Misalnya seperti yang dilakukan oleh Deddy Andaka, seorang dokter dan juga blogger asal Bali yang menulis artikel-artikel tentang global warming. Deddy menulis artikel tersebut pada saat ketika delegasi-delegasi negara di KTT Climate Change yang diselenggarakan di Bali sedang berkumpul untuk membicarakan masalah dunia tentang global warming.

“Bila kesepakatan antar delegasi negara tersebut belum klop, apakah kita hanya berdiam diri?” begitu kata Deddy. Menyadari bahwa harus ada yang memulainya, maka dibuatlah artikel-artikel Global Warming Series seperti Blogger Indonesia Peduli Global Warming, Kampanye Global Warming, Seperti Apa?, Dampak Pemanasan Global terhadap Kesehatan dan Langkah Kecil Mencegah Bahaya Besar (Global Warming).

Apa hasilnya? Puluhan blogger lainnya ikut menulis dengan topik yang sama dan mengingatkan kembali satu sama lain untuk kembali menjadi sahabat bumi. Meskipun tidak secara langsung ikut ‘turun kejalan’ untuk bertindak secara langsung merawat bumi, seorang blogger bisa menjadi penggerak satu sama lain melalui tulisan-tulisannya. Dan sebagai seorang blogger, ini merupakan ‘PR’ bagi kita semua.

So, bukan hanya tim Kompas MuDA (www.mudaers.com) yang seharusnya sibuk untuk mengajak orang lain menjadi sahabat bumi melalui Kompetisi Website Kompas MuDA - IM3, melainkan semua orang yang merasa tinggal dibumi :) Maka teruslah menulis artikel-artikel berkualitas untuk mengajak orang lain menjadi sahabat bumi, tidak hanya selama Kompetisi Website Kompas MuDA - IM3 berlangsung, melainkan seterusnya karena seringkali kita lebih banyak lupa dari pada ingatnya :)

1 komentar:

Getting Healthy mengatakan...

You added two of the blogs that you'll follow.

muwasalat
and
bethefriend

Thanks for doing it and what's your email address would like to add you in gtalk if you like so.